Rabu, 16 Maret 2016

Apa itu FTP ?

FTP ( File Transfer Protocol ) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung pr... thumbnail 1 summary
FTP ( File Transfer Protocol )


adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Untuk keperluan transfer file berukuran sedang hingga besar, Internet menyediakan layanan lain yang disebut file transfer protocol atau FTP. Kegiatan mengambil file dari server Internet ke komputer sendiri disebut download file (mengunduh file). Sebaliknya, melakukan transfer file dari komputer sendiri ke server Internet disebut upload file.

SEJARAH FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan  MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain. File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik. Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet, dan ini menjadikannya perangkat yang kami sarankan untuk memamanage situs Anda di MediaHostNet – FTP client sudah tersedia dalam setiap sistem operasi yang mendukung jaringan, dan ada beberapa unsur dalam managemen situs yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan FTP client. FTP menjadi sebuah elemen penting dalam internet sehingga akan sangat merugikan jika tidak menyediakan fasilitas yang mendukung FTP sebagai bagian dalam situs Anda.
JENIS – JENIS FTP :
Berdasarkan Hak Akses :
  1. FTP User
    FTP user artinya FTP yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Karena FTP user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya. Format dari FTP user : ftp://user@host.domain

  1. FTP Anonymous
    FTP anonymous artinya FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password ataupun bila di minta password. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk ferivikasi. Format dari FTP anonymous : ftp://ftp5.freebsd.org

Secara Global :
  • FTP server adalah server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan untuk bertukar file di mana server selalu siap memberikan layanan FTP jika permintaan diterima (permintaan) dari FTP client.
  • FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke server FTP untuk tujuan bertukar file. Setelah terhubung ke server FTP, maka klien dapat men-download, upload, mengubah nama, menghapus, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari server FTP adalah sebagai berikut:
  • Untuk tujuan berbagi data
  • Untuk menyediakan komputer remote tidak langsung atau implisit
  • Untuk menyediakan penyimpanan bagi pengguna
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
Cara Kerja FTP Cara utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi-fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer Client ke situs web komputer hosting, juga digunakan oleh situs yang menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP.

KELEBIHAN & KEKURANGAN FTP :
Kelebihan dari FTP
1. FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
2. FTP dapat mentransfer data
3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.
4. Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
5. FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program auditdan penanganan acount.

Kekurangan dari FTP
  1. FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena filedikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yangdipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.
  3. FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya paraadministrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

Referensi :
Sofana, Iwan & Budihardjo, Epsi. 2010. Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Muzaki, Muhammad Yusron. 2014. "FTP". Tersedia :http://masiyus.web.id/file-transfer-protokol-ftp/ [16 Maret 2016].
http://www.jaringankomputer.org/ [16 Maret 2016].
http://net.itmaranatha.org/2014/06/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp-file-transfer-protocol/ [16 Maret 2016].
http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-dan-perbedaan-http-dengan-https-menurut-para-ahli/ [16 Maret 2016].

Tidak ada komentar

Posting Komentar